Kewirausahaan

Secara harfiah kewirausahaan terdiri atas kata dasar wirausaha yang mendapat awalan ke- dan akhiran -an, sehingga dapat diartikan kewirausahaan adalah hal-hal yang terkait dengan wirausaha. sedangkan wira berarti keberanian dan usaha berarti kegiatan bisnis yang komersial atau non-komersial, sehingga kewirausahaan dapat pula diartikan sebagai keberanian seseorang untuk melaksanakan suatu kegiatan bisnis.
     
Dalam bahasa inggris wirausaha adalah entrepreneur, istilah ini pertaa kali diperkenalkan oleh Richard Cantillon, seorang ekonom Prancis. Menurutnya, entrepreneur adalah "agent who buys means of production at certain prices in order to combine them". Dalam waktu yang tidak terlalu lama, ekonom Perancis lainnya, Jean Baptista Say menambahkan defini Cantillon dengan konsep entrepreneur sebagai pemimpin. Secara umum banyak sekali defini yang dikemukakan oleh beberapa pendapat tersebut, yang diambil dari berbagai sumber:

  1. Harvey Leibenstein (1968-1979) mengemukakan, kewirausahaan mencakup kegiatan-kegiatan yang dibutuhkan untuk menciptakan atau melaksanakan perusahaan pada saat semua pasar belum terbentuk atau belum teridentifikasi dengan jelas, atau komponen fungsi produksinya belum diketahui sepenuhnya.
  2. Siswanto Sudomi (1989) mengemukakan, kewirausahaan atau entrepreneur adalah segala sesuatu yang penting mengenai seorang wirausaha, yakni orang yang memiliki sifat bekerja keras dan berkorban, memusatkan segala daya dan berani mengambil resiko untuk mewujudkan gagasannya.
  3. Skinner (1992) mengemukakan, entrepreneur atau wirausaha adalah seseorang yang mengambil resiko yang diperlukan untuk mengorganisasikan dan mengelola suatu bisnis menerima imbalan jasa berupa profit nonfinancial.
Oleh sebab itu saya sebagai seorang mahasiswi mau mencoba untuk membuka suatu wirausaha yang hasilnya dapat digunakan sebagai keperluan saya sendiri. Saya sendiri mempunyai impian, yaitu dapat membuat suatu produk kosmetik sendiri dan menjualnya di kalangan wanita-wanita. Produk kosmetiknya pun beragam dari Lipstick, Compact Powder ataupun Facial wash. Alasan saya ingin membuat kosmetik karena di Indonesia populasi wanita-wanita sangat tinggi dan dapat menaikkan status penjualan tersendiri.



sumber : 
- http://www.kompasiana.com/www.habibamin.blogspot.com/pengertian-tujuan-dan-teori-kewirausahaan-materi-kuliah_550e5459813311862cbc625d
- http://hariannetral.com/2015/06/pengertian-kewirausahaan-dan-wirausaha-serta-ciri-dan-tujuannya.html#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PUISI 2

Short Article and Translation about Politic

Best Friends